Fakta Menarik Captain Marvel Dalam Komik

Captain Marvel adalah karakter dalam buku komik Marvel yang muncul pertama kali dalam komik Marvel Super-Heroes #13 tahun 1968. Identitas aslinya adalah Carol Danvers, seorang mantan pilot yang kemudian menjadi superhero wanita terkuat di jagat Marvel Comics. Pada bulan Maret 2019 mendatang, Marvel Studios akan mengangkat karakter ini ke layar lebar dengan Brie Larson sebagai pemeran Carol Danvers alias Captain Marvel.

Siapakah Captain Marvel?

Carol Danvers adalah putri dari Joe Danvers, Sr. dan Marie Danvers. Carol memiliki dua saudara laki-laki bernama Stevie dan Joe, Jr.

Sejak kecil, Carol Danvers memiliki cita-cita menjadi seorang astronot dan bepergian ke planet yang jauh; ketika remaja ia bahkan pergi ke Cape Canaveral untuk melihat peluncuran roket di sana. Namun, impiannya ini tidak mendapat restu ayahnya karena menurutnya seorang wanita tidak cocok untuk profesi tersebut.

Beranjak dewasa, Carol secara diam-diam bergabung dengan satuan Angkatan Udara untuk menjadi pilot dan mendapatkan gelar sarjana. Kematian saudara laki-lakinya Steve dalam aksi militer akhirnya membawa Carol kembali ke keluarganya, tetapi dia masih tidak pernah merasa diterima oleh ayahnya.

Suatu hari, saat Carol Danvers menerbangkan jet eksperimental melalui jalur udara Arab, tiba-tiba saja ia tertembak jatuh dan ditangkap oleh seorang pria bernama Ghazi Rashid, yang kemudian menyiksanya selama beberapa hari.

Dia berhasil melarikan diri meskipun kakinya patah dan mengalami cedera serius. Setelah sampai di sebuah markas milik CIA di daerah tersebut, dia memberikan informasi kunci kepada komunitas intelijen.

Kolonel Michael Rossi kemudian merekrutnya untuk bergabung dengan tim intelijen Angkatan Udara dan mereka bekerja sama untuk menangkap Rashid. Keduanya menjadi dekat dan memulai hubungan romantis.

Beberapa tahun setelahnya, Carol menyelesaikan banyak misi yang berbeda dan bekerja dengan tokoh-tokoh lain seperti Kolonel Nick Fury, Logan (nantinya menjadi Wolverine) dan Benjamin Grimm (nantinya menjadi Thing). Dia juga pernah berkonfrontasi Victor Creed (nantinya menjadi Sabretooth), dan Natalia Shostakova (nantinya menjadi Black Widow).

Bergabung dengan NASA

Carol Danvers mengundurkan diri dari Angkatan Udara setelah ia mendapat tawaran dari NASA utuk menjadi kapten keamanan termuda dalam sejarah NASA. Di sini, Carol mulai terlibat dengan berbagai persoalan galaksi, termasuk terlibat dengan para alien Kree Empire. Dia bertemu dan akhirnya berteman dengan prajurit Kree bernama Mar-Vell.

Beberapa bulan berikutnya, Carol diculik oleh intelijen robot alien Cyberex dan kemudian dirawat di rumah sakit. Ali-Rogg kemudian menculiknya ketika dia masih gegar dan akhirnya bertarung melawan Mar-Vell. Selama pertempuran ini, Carol terkena radiasi ledakan dari suatu alat Kree bernama Psyche-Magnitron yang rusak, perangkat kuat ini dapat mengubah imajinasi menjadi kenyataan.

Struktur genetik Carol Danvers diubah secara efektif, membuatnya menjadi seorang manusia super setengah-Kree. Namun, awalnya Carol tidak menyadari perubahan ini selama berbulan-bulan. Karirnya yang sukses di NASA mendadak jatuh karena kejadian tersebut. Karena Carol tidak mampu mengendalikan kekuatannya, ia dipindahkan ke salah satu fasilitas NASA di dekat Chicago. Bahkan kemudian ia dijadikan penjaga keamanan biasa. Carol kemudian memilih untuk mengundurkan diri dari NASA.

Menjadi Ms. Marvel Sebelum Captain Marvel

Carol Danvers dalam film Captain Marvel

Sebelum memakai identitas Captain Marvel, Carol Danvers dikenal sebagai superhero bernama Ms. Marvel. Setelah sebelumnya sempat menjadi editor untuk Woman Magazine milik Daily Bugle, Carol kemudian memulai aksi superheronya dan bertemu dengan Spider-Man, Iron Man dan superhero Marvel lainnya. Ia juga bergabung dengan kelompok Avengers selama Scarlet Witch cuti dari tim.

Ms Marvel dengan cepat membuktikan dirinya sebagai anggota yang berharga. Dalam perkembangan ceritanya, Carol kemudian mengubah namanya menjadi Captain Marvel, dan identitas Ms Marvel kemudian dipakai oleh Kamala Khan.

Beberapa Fakta tentang Captain Marvel

Dalam Uncanny X-Men # 153, Carol Danvers terlihat mengenakan kaos dengan simbol Captain Marvel-nya DC Comics alias Shazam.

Carol dan Wolverine punya cerita masa lalu romantis yang singkat.

Captain Marvel pernah kehilangan kekuatannya gara-gara Rogue dari X-Men, tapi berhasil mendapatkannya kembali.

Carol tidak menyangkal bahwa dia memiliki perasaan untuk Spider-Man.

Carol telah memiliki kucing peliharaan bernama Chewie, yang sebenarnya adalah alien dari spesies Flerken.

Demikian pengenalan singkat mengenai asal-usul dan kekuatan Captain Marvel (Carol Danvers) dari Marvel Comics. Sepertinya filmnya nanti tidak akan seperti komik, karena ceritanya terlalu rumit dan penuh drama seperti sinetron Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *